Saturday, February 25, 2006

MEDITASI ALA ST. IGNATIUS (2)

Dalam metode B. ini meditasi lebih menekankan pada aspek 'penyerahan total' kehendak, akal budi, pikiran hati dan seluruh jiwa. Hal ini sesuai dengan prinsip St. Ignatius yang yang ia meliki adalah milik Allah dipersembahkan demi keagungan dan kemuliaan namaNya. Baginya mendapat 'rahmat Allah' adalah segala-galanya.
Kesatuan dengan Jesus menjadi arah dan tujuan dari meditasi ini. Kesatuan ini bisa dicapai dengan melibatkan diri dalam peristiwa yang dialami oleh Jesus dalam perikopa yang sedang direnungkan. Maka sarana pendukung meditasi, apakah itu berupa perikopa Kitab Suci, peristiwa hidup, atau alam ciptaan yang digunakan dalam meditasi cukup menentukan rahmat yang akan diterima. Selain itu daya imaginasi kita juga mempengaruhi proses meditasi.
Meditasi metode B sangat baik bila dilakukan dalam rangka retret bersama, atau dalam pertemuan doa bersama, karena setelah meditasi dianjurkan untuk sharing pengalaman bersama mereka menjalankan meditasi.
b. Metode B.
Contoh Meditasi dengan menggunakan Kisah Orang Buta yang disembuhkan (Luk 18:35-43).
1. Ciptakan keheningan diri sampai anda merasakan kedamaian hati yang secukupnya.
Dalam hal ini baik sekali bila anda berusaha menyadari penuh kehadiran Tuhan dalam diri anda dan sekitarnya. Rasakan harmonisasi dalam diri anda, dengan alam dan dengan situasi disekitar anda. Merasa yakinlah bahwa Tuhan juga hadir dalam diri anda dan disekitar anda.
2. Baca dan renungkan Kitab Suci hingga anda merasa sangat akrab dan mengerti kisah itu. Kemudian bembayangkan peristiwa perikopa Kitab Suci: Ambil contoh kutipan Kitab Suci diatas: Setelah itu libatkan diri anda masuk dalam peristiwa Kitab Suci itu. Ambil salah satu peran yang ada, atau anda memerankan diri anda sendiri. Yang penting bahwa anda ada dan terlibat dalam kisah itu.
- Bayangkan, atau imajinasikan bahwa anda sedang duduk di pinggir jalan, bayangkan bahwa diri anda menjadi si pengemis buta.
- Jesus lewat dijalan itu bersama dengan para muridNya
- Rasakan apa yang sedang bergerak dalam hatimu, dan bagaimana reaksi anda?
- Bagaimana anda menyambut atau menanggapi kehadiran Jesus pada saat itu.
3. Refleksi - Hadir bersama Jesus
Kesadaran akan kehadiran Jesus dalam diri anda, dan kehadiran anda bersama Jesus dalam imaginasi anda menimbulkan suatu perjumpaan dari hati ke hati. Inilah saat yang penting, inilah saat dimana anda secara pribadi bisa berbicara, omong dari hati-kehati (curhat).
- Maka gunakan saat hening ini untuk share dengan Jesus segala kegundahan hati, kekhawatiran, kegelisan, ketakutan, rasa sakit hati, derita karena penyakit, kesalahan anda, kegagalan dan segala kesulitan anda hadapi baik secara pribadi maupun dalam hidup bersama.
- Inilah saat bagi anda untuk berbagi derita dan kegembiraan dengan Jesus. Bicaralah seperti anda berbicara dengan teman yang paling dekat dengan anda.
4. Pasrah diri dalam KasihNya.
- Sebagai mana orang buta yang yakin bahwa Jesus mampu menyembuhkan dirinya, karena dia tahu bahwa Dia adalah Messias, maka serahkan diri anda sepenuhnya kedalam tanganNya.
- Pasrah total kepadaNya dan mintalah supaya Jesus menyentuh hatimu dan menyembuhkan segala luka hidupmu. Ingatlah apa yang dikatakan Jesus "Imanmu telah menyelamatkanmu, pergilah dalam damai"
5. Penutup
Meditasi ini diakhiri dengan doa Bapa Kami. Doakan doa ini pelan-pelan, daraskan kata demi kata dan rasakan kekuatannya. Yakinlah bahwa setiap kata yang keluar dari mulut anda mempunyai seribu makna.
Setelah selesai doa ini, tutuplah dengan Kemuliaan kepada Bapa....

Notes:
Setelah selesai meditas, ambilah waktu kurang lebih 15 menit untuk melihat kembali meditasi anda. Dan me'review' meditasi ini gunakalah pertanyaan ini sebagai bantuan untuk memperdalam makna dan menyadari rahmat yang anda terima dalam meditasi ini.
Bila meditasi ini terjadi dalam kelompok, hasil refleksi dari 'review' bisa disharingkan kepada anggota kelompok. Tujuan dari sharing ini adalah untuk memperkaya iman dan menyadari bagaimana Tuhan berkarya dalam setiap orang.
Pertanyaan pembantu:
- Apa yang terjadi, apa yang saya alami selama meditasi ?
- Adakah hal yang menyentuh hati, yang saya rasakan sebagai kehadiran Tuhan ?
- Adakah 'desolusi' atau hal-hal yang saya alami sebagai yang menganggu, mungkin suatu penolakan diri ketika hadir bersama Jesus?
- Adakan 'consulasi' atau suatu penghiburan hati yang saya terima dalam meditasi ? Perasaan bahagia yang sulit untuk bisa diceritakan atau disharingkan biasanya merupakan bentuk konsulasi yang datang dari Roh Kudus sendiri.
salam dan doa
MoTe

1 Comments:

At 5:14 AM, Blogger baileioberholtzer said...

WATERYZE WITH ZYZAN RAZOR PAIN SPIN
WATERYZE WITH ZYZAN RAZOR PAIN SPIN. In the bottle, this bottle titanium bolt will add two titanium teeth dog bottles is titanium expensive to your bottle. This bottle is the same titanium max size as one of the bottle and has fallout 76 black titanium

 

Post a Comment

<< Home