Sunday, March 05, 2006

MENGUKUR KEDEWASAN ROHANI

Dalam kehidupan iman, sering kali kita dibingungkan oleh adanya fenomena yang kadang kala aneh tetapi nyata. Misalnya, kita melihat adanya orang kristiani yang begitu rajin ke Gereja, rajin mengikuti pendalaman rohani atau persekutuan doa, rajin berdoa dan membaca, bahkan Gereja dan paroki menjadi rumahnya yang kedua. Namun dalam kehidupan sosial-kemasyarakatan sehari-hari kurang mempunyai 'hati' terhadap sesamanya. Bahkan mereka sering dicap sebagai orang yang tidak mempunyai belas kasihan kepada sesamanya. Sebaliknya, kita jumpai pula orang-orang kristiani yang dalam hal menjalankan iman jarang pergi ke gereja, tidak pernah ikut kegiatan lingkungan, tidak pernah membaca alkitab dan bahkan tidak pernah berdoa sama sekali. Namun orang ini begitu baik terhadap sesamanya. Suka membantu sesama yang menderita, menolong mereka yang kesusahan dan juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial-kemasyarakatan. Pertanyaan kita bisa muncul, mana yang benar, mana yang tepat. Mana yang mesti kita pilih, yang pertama atau yang kedua? Saya tidak akan menjawab mana yang tepat atau mana yang benar, melainkan mau mengajak rekan-rekan untuk melihat diri kita masing-masing. Yang ingin saya angkat melihat fenomena ini adalah sejauh mana kehidupan sehari-hari saya mencerminkan pula kehidupan iman saya. Atau sejauh mana saya dewasa dalam rohani. Apakah kedewasaan rohani itu bisa diukur?. Bila bisa apa yang bisa kita gunakan untuk mengukur kedewasaan rohani. Bukankah masalah iman merupakan masalah yang sangat pribadi. Masalah relasi antara saya dengan Allah. Lalu siapa yang bisa mengukur apakah saya sungguh beriman atau dewasa dalam menghayati iman atau belum? Yang bisa mengukur kedewasaan adalah saya pribadi. Hal ini memang benar, karena itu bukan hanya soal olah rohani belaka, tetapi juga soal perwujudan, maka kedewasaan rohani bisa diukur dari sisi motivasi, tetapi juga perwujudannya. Kita meyakini bahwa 'iman tanpa perbuatan pada hakekatnya adalah mati'. Menurut para ahli spiritualist, kita bisa mengukur kedewasaan rohani kita dari beberapa indikasi ini.
1. Adanya keinginan kuat atau kerinduan hati yang teguh untuk menjadi 'suci' dari pada sekedar mengalami kebahagiaan sementara dalam hidup.
2. Mempunyai keutamaan untuk selalu berkeinginan memberi dan memberi dari pada menerima dan diberi atau bahkan menuntut.
3. Selalu merasa mendapat kehormatan bila diberi kesempatan untuk melayani dari pada dilayani.
4. Selalu mengalami kebahagian dalam kehidupan pribadi, baik lahir mau pun batin.
5. Selalu merasa terberkati, selalu merasa bersyukur atas karunia yang telah diterima, dari pada selalu merasa kurang dan ingin memiliki lebih dari apa yang diperlukan.
6. Mampu menerima segala sesuatu dengan sikap 'apa adanya' 'nrima ing pandum' dari pada mengikuti ambisi untuk memiliki segalanya dan menuntut orang lain untuk menjadi sama seperti dirinya.
7. Selalu hidup dalam dunia kasih, segala sesuatunya diukur berdasarkan kasih. Inilah indikasi yang bisa digunakan untuk mengukur apakah saya sudah merasa mencapai 'kedewasaan rohani', sesuai dengan iman kristiani yang saya yakini. Kasus diatas tidak akan pernah terjadi bila kita merasa yakin bahwa saya selalu berusaha berada dalam jalur tujuh indikasi ini. Apakah menjadi suci sungguh merupakan kerinduan setiap manusia. Apakah Allah menghendaki kita menjadi suci atau....? Jawabannya ada dalam hati kita masing-masing, tetapi bila kita kembali kepada undangan Jesus sendiri yakni "Jadilah engkau sempurna seperti Bapa sempurna adanya", maka kita akan mengangguk bahwa kesempurnaan hidup, atau kesucian adalah merupakan tujuan akhir setiap orang yang mengakui diri sebagai murid Kristus. Karena pada hakekatnya Tuhan memanggil kita untuk menjadi suci. Ukuran kesempurnaan rohani kita adalah 'untuk menjadi seperti Kristus' dalam segala aspek kehidupanNya. Semoga renungan kecil ini berguna. Selamat berhari Minggu.
In Christ.
Teja Anthara SCJ

2 Comments:

At 7:35 AM, Blogger Unknown said...

Selamat Natal dan tahun Baru Mo, artikel ini sungguh mengena, khususnya untuk sebagian umat di Paroki St. Stefanus Cilandak beberapa tahun yang lalu, sekarang walau masih ada, saya lihat sudah ada kemajuan.
Apa kabarnya Mo,
Salam dari Indonesia.

FM Muljadi Widiarta
fmmelf@mail.com

 
At 10:41 AM, Blogger Mrs. Lo said...

good reading, Mo Te, jadi lebih mantap meditasinya.

jennie

 

Post a Comment

<< Home